Kamis, 02 April 2020

Buku IPS Kelas 8
Kelas 8
Semester 1 dan 2
Kurikulum 2013
Kategory : Buku Guru
Penulis : Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban, dan Supardi.
Penelaah : Ari Sapto, Ratna Saraswati, Epon Ningrum, Rosa Diniari, Arie Sujito, Baha` Uddin, Regina Niken Wilantari, Nirdukita Ratnawati, Rakhmat Hidayat
Pereview Guru : Puji Raharjo
Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Buku Panduan Guru IPS Kelas 8 SMP/MTs ini dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yang disempurnakan.

Buku buku ips kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 disusun, ditelaah, dan direview oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan.

Buku Panduan Guru buku ips kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Oleh karena itu, masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ips kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 ini.

Pembelajaran IPS kelas-VIII bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang berbagai gejala sosial pada lingkup ASEAN melalui pemahaman konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas dan interaksi sosial yang ada di dalamnya.

Keragaman kondisi yang dimiliki negara-negara ASEAN merupakan potensi sumberdaya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya dalam dimensi ruang dan waktu serta ikatan konektivitas multidimensi sehingga kondisi gejala beserta keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing negara ASEAN akan dapat berfungsi sebagai sumberdaya pembangunan.

Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) buku ips kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 ini mengarahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, memiliki kemauan serta kemampuan untuk mencari dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia di baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya.

Fokus kajiannya diarahkan pada upaya mendorong siswa memahami serta memiliki pemahan tentang keunggulan wilayah, kekayaan sumberdaya alam, sumberdaya manusia, ataupun sumberdaya budaya
yang kita miliki, serta pemanfaatannya.

Pembelajaran IPS perlu diarahkan sampai membuat siswa terampil dan aktif dalam mengamati, menanya, menalar, mencoba, serta membentuk jaringan pengetahuan yang dikuasainya secara ilmiah (scientifc).

Sementara itu, proses pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Inkuiri, dan Pembelajaran Discovery.

Dalam pembelajaran IPS Kelas 8 SMP/MTs semester 1 dan 2, peran guru sangat penting untuk mengarahkan sekaligus menjadi pendorong/ motivator bagi aktivitas siswa dengan berbagai kegiatan yang dicontohkan dalam buku ips kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 ini.

Guru dapat dan bahkan sangat dianjurkan untuk memperkaya materi secara kreatif dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, maupun budaya yang ada di sekitar siswa.

Pembahasan buku ips kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 ini dibagi dalam dua bagian, yaitu Bagian-I, yang berisi Petunjuk Umum, dan Bagian-II, yang berisi Petunjuk Khusus.

Buku Panduan Guru buku ips kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 ini sangat terbuka untuk diberi masukkan dan akan terus  menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.

Untuk itu, pemerintah mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran dan masukan yang berharga untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ips kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 ini.

Atas kontribusinya, diucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi “Indonesia Emas” seratus tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045.

0 komentar: